cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni
ISSN : 14113554     EISSN : 26206404     DOI : -
Inotek is a journal that publishes scientific articles related to the application of science and technology, vouchers, entrepreneurship, and a range of other community services that meet the qualification criteria. However, this journal also contains the results of research in the form of applications and technology innovation. This scientific journal published twice a year in February and August.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2001): Mei 2001" : 8 Documents clear
PENGINTEGRASIAN PENGAJARAN PKLH PADA BIDANG STUDI IPS or SEKOLAH DASAR Muhsinatun Siasab; Hastuti Hastuti
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 3, No 2 (2001): Mei 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4367.273 KB) | DOI: 10.21831/ino.v3i2.5160

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pembelajaran PKLH yang terintegrasi ke dalam bidangstudi IPS di Sekolah Dasar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, sikap dan perilaku yang positif dan bertanggung  jawab terhadap masalah-masalah kependudukan dan lingkungan pada guru­ guru Sekolah Dasar, dan meningkatkan kemampuannya untuk mengajarkan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan  Hidup yang terintegrasi ke dalam bidang studi IPS.Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti sebanyak ±  100 orang guru SO di Wilayah Ranting Dinas Depdiknas Kecamatan Playen Gunung Kidul.  Lama kegiatan ± satu bulan.  Bentuk kegiatan terdiri dari  komunikasi  Jangsung untuk  menginformasikan materi  PKLH,    bimbingan  dan  konsultasi  cara pengintegrasian materi PKLH ke dalam bidang studi IPS, dan pelaksanaan pembelajaran PKLH yang terintegrasi di kelas sebagai tugas guru sehari-hari,Respon dari peserta menunjukkan bahwa kegiatan semacam ini sangat bennanfaat bagi guru-guruSO untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam pembelajaran se hari-hari, sehingga  dapat berpartisipasi dalam mengatasi masalah kependudukan dan lingkungan melalui pembinaan sumber daya manusia  sedini mungkin. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat itu  adalah satu modal  aplikasi pembelajaran PKLH yang terintegrasi dengan IPS di Sekolah Dasar menggunakan cara fusi. Kata Kunci  : PKLH - Bidang Studi IPS - integrasi
ALAT PEMBUAT ES KREM UNTUK PENGliSAHA KEelL Df PEDESAAN Edy Purnomo; Soeprapto Rachmad
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 3, No 2 (2001): Mei 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.248 KB) | DOI: 10.21831/ino.v3i2.5072

Abstract

Permasalahn pokok yang dihadapi dalam pembuatan es krem adalah bagaimana memproduksi es tersebut secara efektif dan efisien, sehingga dapat  mengatasi pembuatan  es krem cara tradisional yang cenderung menyita waktu lama (2 -  2.5 jarn/tabung es). Untuk itu melalui Program Vucer ini bertujuan mengatasi permasalahan  tersebut dengan alat pembuat es krem secara mekanik dan semi otomatik.Program vucer untuk industri kecil ini telah dapat   dilaksanakan   dengan baik, dan berhasil mewujudkan  sebuah alat pembuat  es krem  semiotomatik, yang kini digunakan di industri  Mitra. Alat pembuat es krem ini dapat  berfungsi dengan baik dengan unjuk kerja sebagai berikut : Alat ini mudah dioperasikan, kapasitas produksinya 3 buah tabung bos es krem I 55 -  60 menit, sehingga menghemat  waktu  dan  tenaga  sekitar  6.5 jarn/3  tabung,  es  krem  yang  dihasilkan  mempunyai kualitas standar pasar dan pesanan khusus.Penggunaan alat ini mencapai 3 kali lebih produktif dibandingkan cara manual. Keuntunganlain alat ini yaitu ergonomis, kompak, mudah dalam penggunaan dan mudah dalam perawatannya. Dengan  demikian  penerapan  alat  ini akan mampu  meningkatkan  potensi  industri  kecil  semakin maju berkembang. Kata  kunci:   Alat pembuat  es krem
PEMBUATAN MESIN AYAKDENGAN PENGGERAK SENTRI FUGAL BEBAS UNTIJK INDUSTRI KECIL KOPI JAHE BUBUK V Lilik Hariyanto
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 3, No 2 (2001): Mei 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7910.739 KB) | DOI: 10.21831/ino.v3i2.5164

Abstract

Tujuan dari program  vueer ini ialah untuk membantu pemeeahan masalah yang dihadapiolei. industri keeil  UD ROSE KURNIA DALAM pekerjaan mengayak eampuran  kopi jahe bubuk yang produksinya. Dengan program vueer diharapkan pula meningkatkan produktifitas serta mutu dari kopi jahe.Metode pelaksanaan vueer ini meliputi perancangan dan proses pembuatan mesin ayak. Proses reneangan meIiputi : (l)  Mendisain gambar reneana, (2) Reneana kebutuhan bahan, (3) Perhitungan rencana anggaran biaya pelaksanaan. Metode pelaksanaan meliputi : (1) Pembuatan mesin, (2) Teori dan eeramah, (3) Demonstrasi, (4) Uji eoba laboratorium dan lapangan, dan (4) Praktik pengoperasian mesin oleh karyawan industri mitra kerja.Hasil Program berupa mesin ayak kopi jahe bubuk kerkerangka dari bahan besi siku 50 x50 x 5 mm dan 30 x 30 x 3 mm, ukuran mesin total panjang 60 em, lebar 39 em, dan tinggi 100em dengan kekuatan mesin motor listrik 0,5 HP berkapasitas putaran 1400 RPM, Berdasarkan perhitungan terdapat  perbedaan hasil pengayaan yang menggunakan messin pengayaka yang menggunakan mesin pengayak secara mekanik dengan ayakan manual dan tingkat efisiensi biaya sebesar 83,33 %. Keselamatan dapat diatasi dengan selalu melakukan urutan kerja dengan arahan Tim Pelaksana Kegiatan Program Vueer pada kegiatan demonstrasi pada saat penggunaan alat berlangsung. Kebisingan suara mesin dapat diatasi dengan memberikan  peredam dari bahan karet.Kata kunci : Mesin ayak, kopi jahe, dan gerak sentrifugal.
UPAYA MENGATASI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR Endang Supartini
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 3, No 2 (2001): Mei 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2778.65 KB) | DOI: 10.21831/ino.v3i2.5168

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk membantu guru-gum Sekolah Dasar (SD) Jomblang II Kecamatan Brebeh,  dalam menghadapi anak-anak yang mengalami kesulitan belajar di kelasnya, agar prestasi belajarnya dapat   meningkat. Selain itu untuk merintis program pendidikan terpadu bagi anak berkelainan di sekolah dasar, dengan model kelas jauh.Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama yaitu melatih guru untuk mampu mengidentifikasi siswa di kelasnya yang termasuk berkesulitan belajar dan melakukan tes intelligensi untuk mengetahui tingkat keeerdasannya. Tahap kedua, memberikan pelatihan pada guru SD tentang eara mengatasi kesulitan belajar siswa, dan tahap ketiga melakukan rintisan berdirinya pendidikan terpadu dengan model kelas jauh, yaitu bekerjasama dengan Sekolah Luar Biasa terdekat.Hasilnya diketemukan  22 (dua puluh dua)  anak mengalami kesulitan belajar.  Setelah dites dengan tes intelligensi Raven temyata  50 % termasuk tunagrahita ringan,  13,6 % termasuk lamban belajar. 27,3 % termasuk normal, dan 9,7 % tingkat intelligensinya di atas normal. Dengan demikian kegiatan PPM ini perIu ditindak lanjuti sampai dengan tahap tiga.Kata  kunci : Berkesulitan   belajar,  sekolah dasar.
PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MANAJERIAL TA'MIR MASJID DESA PURWAMARTANI Sukirno Sukirno
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 3, No 2 (2001): Mei 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3628.884 KB) | DOI: 10.21831/ino.v3i2.5155

Abstract

Pengabdian  pada  masyarakat  ini bertujuan  untuk  memberikan  pengetahuan  tentang meningkatkan wawasan pengetahuan para Ta'mir  Masjid Desa  Purwomartani Kalasan Sleman dalam bidang manajemen.Pembinaan manajemen ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab Materiyang diberikan pada program pengabdian ini meliputi manajemen umum, manajemen keuangan, dan manajemen da'wah. Adapun pesertanya ada 23 orang jemah Mesjid di desa Puromartani.Berdasarkan  hasil  pengabdian  diperoleh  kesimpulan  bahwa  program  pengabdian  ini  sangatbermanfaat  bagi  ta'mir  masjid  baik dalam  rangka  menambah  wawasan tentang  manajemen  masjid yang lebih baik maupun sebagai mediasi mengurangi timbulnya friksi dalam tubuh ta'mir  masjid itu sendiri. Untuk menindaklanjuti program ini, pihak ta'mir  masjid   sangat mengharapkan agar kegiatan pengabdian sejenis diselenggarakan tidak hanya satu tahun sekali.Kata  kunci:   Pembinaan   dan Pengembangan   Kemampuan    Manajerial
PELATIHAN PEMBUA T AN ALAT -ALAT BANTU PENGAJARAN BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR Bambang Ruwanto
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 3, No 2 (2001): Mei 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4998.189 KB) | DOI: 10.21831/ino.v3i2.5156

Abstract

Tujuan  dari kegiatan pelatihan pembuatan  alat-alat bantu pengajaran bagi gum-guru  sekolahdasar ini adalah agar para peserta dapat  (1) mernilih, rnerancang, dan membuat alat peraga IPA yang diperIukan sesuai dengan bahan yang diajarkan; (2) memanfaatkan bahan bekas layak pakai yang ada disekitarnya untuk dibuat alat bantu pengajaran IPA; dan (3) menghasilkan alat bantu pengajaran IPA yang layak untuk melengkapi koleksi alat peraga IPA di sekolah.Kegiatan pelatihan inidilaksanakan  di kantor  Ranting Dinas P dan K Kecarnatan Samigaluh Kabupaten  KolW1 Progo,  pada  tanggal  9,  16, dan  23  September2000.  Jumlah  peserta  pelatihan sebanyak 27 orang. Metode yang digunakan adalah diskusi informasi, woskshop, dan percobaan.Selarna  kegiatan  pelatihan  telah  dihasilkan  13  alat  bantu  pengajaran  IPA.  Hasil  evaluasikegiatan  pelatihan  berdasarkan  angket  yang  disebarkan  kepada  para  pesert  arnenunjukkan  bhwa peserta merasa puas dengan meteri yang disajikan serta menginginkan diselenggaraknnya kegiatan lanjutan dengan maateri yang berbeda.Kata  kunci : Pelatihan,  alat  bantu  pengajaran,
PENINGKATAN KUALITAS GURU SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN KREA TIVIT AS MURID-MURID SEKOLAH DASAR Hajar Pamadi
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 3, No 2 (2001): Mei 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/ino.v3i2.5166

Abstract

Pelatihan   peningkatan   kualitas   mengajar   Pendidikan   Kesenian   merupakan   usaha   untukmeluruskan, dan mengembangkan pendidikan  kesenian untuk anak usia Sekolah Dasar. Kegiatan inididasari  oleh   asumsi bahwa setelah perubahan  nama dari  Pendidikan  Kesenian menjadi  Kerajinan Tangan dan Kesenian telah yterjadi polarisasi arah; dari pembinaan pengalaman estetik menuju ketrampilan teknis sehingga anak tidak  mampu memahami fungsi di kemudian hari.Untuk meningkatkan kualitas mengajar Pendidikan  Kesenian, Guru diberi pemahaman tentangsubstansi Pendidikan  Kesenian, Metoda  dan teknik Evaluasi karya. Sedangkan untuk meningkatkan pemahaman terhadap seni dilakukan praktek bersarna dengan menciptakan karya seni. Sehingga guru mampu menghayati karya yang dibuat oleh  anak.Di samping itu untuk meningkatkan kualitas karier keguruan, para guru dilatih menulis karyailmiah dari karya ciptaannya.  Hal ini digunakan teknik penulisan mandiri yang dibimbing oleh  dosen.Kata kunci  : Peningkatan Kualitas, Substansi  Pendidikan   Kesenian
KARY A ALTERNATIF MAHASISWA (KAM) BIDANG PERCET AKAN SABLON Haryanto Haryanto
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 3, No 2 (2001): Mei 2001
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/ino.v3i2.5074

Abstract

Tujuan  pokok  Karya Alternatif  Mahasiswa (KAM) ini adalah memberikan  pengetahuan  danketra.npilan praktis kepada  mahasiswa melalui pelatihan  eetak sablon pada matakuliah pendidikan ketrampilan di jurusan  PLB. Target luaran yang diharapkan adalah (1) mahasiswa dapat menguasai pengetahuan  dan teori  pereetakan sablon, (2) memiliki ketrampilan praktek pereetakan sablon dari setting, membuat klise, mengafdruk, sampai menyablon pada bahan kertas, kain, plastik, dan benda padat, (3) menguasai manajemen dan pemasaran produk  sablon, (4) Mahasiswa mampu menyusun proposal bidang kewirausahaan eetak sablon.Metode kegiatan adalah : (1) ceramah, menginformasikan kepada mahasiswa pengetahuan danprospek  eetak  sablon,  (2)  mendemonstrasikan  langkah-langkah  pelaksanaan  praktek  sablon  dari setting sampai membuat produk, (3) pemberian tugas, mahasiswa mempraktekkan pengetahuan dari eara setting sampai meneetak berbagai maeam produk  sablon, (4) diskusi membiearakan kesulitan­ kesulitan dalam praktek sabloon.Komoditas yang dihasilkan  selama pelatihan  Karya Alternatif Mahasiswa (KAM);  (1) bahan kertas  menghasilkan  kartu  nama,  kalender,  dos  tempat  makan,  undangan,  stiker,  (2)  bahan  kainmenghasilkan kaos model, bendera, ronteklumbul-umbul,  ikat kepala dan sleyer, (3) bahan plastik menghasilkan stiker, kantong plastik, stopmap, etiket, (4) bhan benda keras menghasilkn souvenir, papan nama, gantungan kunei. Kata  kunci : Karya  Alternatif  Mahasiswa  (KAM)

Page 1 of 1 | Total Record : 8